30 May 2015

SAATNYA MENJADI CAHAYA “Catatan untuk mereka yang menampuk gelar mahasiswa “


Muh. Ashar (Ketua Umum IMM bulukumba)

Penulis      : MUH. ASHAR
                  (KETUA UMUM IKATAN MAHASISWA
                  MUHAMMADIYAH BULUKUMBA
                  PERIODE 2014-2016)


  
Tau Pabbiring 'E, Artikel - Pandanglah matahari itu, matahari itu bersinar begitu kuat, karena kekuatan sinarnya, ia tidak hanya menerangi dirinya tetapi ia juga menerangi sekitarnya, begitu pula manusia, manusia dapat menjadi cahaya bila ia mengaktifkan seluruh potensinya.


Terkutip ungkapan dalam bukunya Bambang Q- Anees dengan judul “ Nggak Sekedar Ngampus “ dikatakan bahwa Menjadi mahasiswa adalah saat untuk mengasah seluruh potensi yang ada untuk menjadi cahaya setahap demi setahap, mulanya barangkali engkau adalah lilin yang mencahayai sekitarmu dengan mengorbankan dirimu sendiri. Kemudian kamu menjadi bulan yang mencahayai sekitarmu dengan menyerap cahaya matahari untuk kamu gunakan, secara perlahan engkau akan menjadi matahari yang mampu menghasilkan cahaya dan mau berbagi dengan orang lain.

Menjadi cahaya bisa menjadi tujuan orang yang kuliah, karena kamu pasti tidak hanya ingin bercita-cita untuk membahagiakan dirimu sendiri, tetapi engkau juga bercita-cita untuk membahagiakan ornag lain. Untuk mencapai tujuanmu maka kamu akan membutuhkan banyak bantuan dari orang lain, maka salah satu cara untuk mewujudkan kebahagiaanmu itu adalah dengan memasukkan orang lain itu kedalam rencana bahagiamu.

Untuk memulai sinergitas itu maka kamu harus kenali dirimu, apa tujuanmu, abagaimana kamu membagi waktumu, dll. Menuju cahaya adalah jawaban yang paling tepat jika orang bertnya tentang alasan kamu untuk kuliah, menjelma menjadi cahaya itulah yang diidamkan oleh semua orang, jika kamu bertnya, kenpa belajar itu susah, maka coba bayangkan betapa susahnya kebodohan itu.

Dalam perjalanan untuk menjelma menjadi cahaya bukanlah hal yang mudah, banyak tantangan dan rintangan yang akan dihadapi, ibaratnya berkendara ditengah jalan yang padat, sekali lengah maka akan terjadi kecelakaan, begitu pula perjalanan yang akan engkau lalui ini, beribu masalah yang akan datang menghampirimu, walaupun segudang penyelesaian yang muncul tak terduga, yakin saja kamu bisa memulainya jika kamu mengaggap perjalanan kuliahmu bisa diraih.

Hellen Keller pernah berkata” jika satu pintu kebahagiaan telah tertutup, amak pintu lainnya akan terbuka ; tapi seringkali kita melihat pintu tertutup itu terlalu lama sehingga tidak melihat pintu lain yang sedang terbuka untuk kita.

Menjadi mahasiswa berarti menempati sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya, julukan dirimu kini Agen Of Change ( agen perubah ), sebuah predikat yang begitu berat untuk dipertanggung jawabkan, menjadi mahasiswa berarti siap menjalankan tugas-tugas mahasiswa.

Coba tanya dirimu, apa tujuanmu kuliah ? beragam jawaban pun muncul, mulai dari mengikuti arus, karena kebetulan teman sekelasmu juga kuliah, tapi ada juga diantara mereka yang kuliah untuk cari jodoh, adapula yang kuliah karena memang telah mernecanagkan untuk masa depannya sejak dia masih sekolah. Jarang kita temukan oarang kuliah semulia tulisan Rowo Mangun “ manusia pegawai, manusia yang serba tergantung harus diubah menjadi manusia swasta. Manusia merdeka, nah ini bisa diubah dengan pendidikan, bisa juga dengan sentuhan-sentuhan yang lain yang lebih ampuh “

Ketika bangku kuliah, perguruan tinggi tidak mampu mengantarkan dirimu menuju cita-cita besar mhu, maka jangan berfikir untuk berhenti kuliah, gunakan potensi dirimu untuk melakukan sentuhan-sentuhan lain, banyak hal yang bisa mengantarkan dirimu menuju puncak kesuksesan, gunakan kuliahmu sebagai penyemangat hidupmu, karena dalam dirimu ada jiwa murni yang saat ini masih tergadai oleh kebiasaan banyak orang, jiwa kamu harus dimurnikan dengan pengetahuan, pencerahan, dan arah bagaiman mesti mewujudkan diri itu, sehingga kamu akan mengalami perubahan sesuai dengan pengetahuan yang kamu dapatkan.

Ketika oarang masih bertanya, kenapa harus kuliah ? maka jawablah karena kamu harus menjadi manusia.


Dikirim melalui Email ke taupabbiring@gmail.com