16 Jun 2015

SIDANG ISBAT TENTUKAN AWAL PUASA 1436 H JATUH PADI HARI KAMIS 18 JULI

Ilustrasi
TAU PABBIRING 'E – Seluruh umat muslim akan segera melaksanakan ibadah puasa 1436 H. Kementerian Agama (Kemenag) RI telah memutuskan awal puasa setelah melalui sidang isbat yang melibatkan tokoh ulama, ahli astronomi dan Ormas Islam di Indonesia.

Berdasarkan hasil sidang Isbat yang dimulai pukul 18.20 WIB hingga sekitar pukul 19.03 WIB 1 Ramadan 1436 H ditetapkan pada Kamis, 18 Juni 2015.

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dengan putusan tersebut, awal puasa bisa dilaksanakan secara bersama-sama dan tidak ada perbedaan.

“Semua bersepakat dan inilah hasilnya karenanya dengan hasil ini seluruh umat Islam dalam mengawali Ramadan serentak bersama,” kata Lukman, di Kemenag, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Menurut Lukman, diputuskannya awal puasa secara bersama-sama bentuk cerminan agar umat Islam di Indonesia tetap menjaga kebersamaan selama menjalankan ibadah bulan puasa.

“Kebersamaan umat Islam di Indonesia terus bisa kita bangun dari hari ke hari waktu ke waktu sehingga pesoalan bisa disikapi, kita jalani bersama-sama,” ucap Lukman

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi langkah Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang berhasil melaksanakan sidang Isbat penentuan awal Ramadan secara cepat.

Ketua MUI Din Syamsuddin berharap keputusan pemerintah dalam sidang Isbat bisa diterima kalangan umat Islam. Din menegaskan, dimensi dari Isbat adalah kebersamaan menjalankan ibadah puasa.

“Alhamdulillah rapat berlangsung lancar dan cepat, bahkan tercepat,” kata Din saat jumpa pers hasil sidang Isbat di (Kemenag), Jakarta, sebagaimana dilansir dari Sindonews.com.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini menambahkan, apresiasi juga layak diberikan kepada Menag, karena secara pribadi mau menyempatkan waktu berkunjung ke sejumlah ormas Islam untuk menyamakan kalender Islam.

“MUI bersedia bertekad untuk melakukan pertemuan yang intensif agar satu waktu kita optimis ada pendekatan yang sama,” terangnya. (fg*)