1 Aug 2015

PILKADA GOWA DI SEBUT PALING PANAS, INI ULASANYA

Ilustrasi
TAU PABBIRING 'E MAKASSAR – Setelah tahapan pendaftaran usai, sejumlah nama pasangan kandidat pun telah mendaftarkan diri. Dari 11 pilkada, sejumlah pengamat telah mengklasifikasi daerah-daerah yang dinilai rawan terjadinya gesekan antarpendukung kandidat.
Pengamat menilai dari 11 pilkada, Gowa merupakah daerah yang rawan terjadinya gesekan. Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Firdaus Muhammad mengatakan, jika ingin mengidentifikasi daerah-daerah yang rawan terjadinya konflik atau gesekan antar pendukung pasangan kandidat berkaca pada pelaksanaan pilkada.
Tercatat ada tiga daerah yang rawan terjadinya bentrokan yakni Gowa, Luwu Utara, dan Tana Toraja. ” Daerah-daerah ini mempunyai track record buruk saat pelaksanaan pilkada sebelumnya. Tapi bisa saja daerah yang dianggap aman-aman saja, tidak menutup kemungkinan juga terjadi gesekan,” ujarnya.
Di antara tiga daerah tersebut, kata dia, jika melihat komposisi pasangan kandidat, Gowa merupakan daerah yang dianggap paling rawan terjadinya gesekan antarpendukung pasangan kandidat.
“Gowa itu paling panas. Apalagi dua klan YL sama-sama maju di pilkada. Bahaya kalau ada pihak lain yang mempermaikan isu-isu keluarga,” ungkapnya. (ihwan fajar/why)

Copyright@Pojoksatu.id

Sumber :